BAB
I
Pendahuluan
Pendidikan merupakan unsur
terpenting bagi kehidupan manusia. Dikatakan sangatlah penting karena untuk
dapat hidup dan sejahtera kita harus berpengetahuan. Tidaklah akan bisa
seseorang yang tidak berpengetahuan dapat memahami dan memandang dunia
sekitarnya secara bijak dan dewasa.
Di zaman sekarang ini, dengan adanya
tuntutan zaman yang semakin tinggi dan teknologi yang semakin canggih, jika
tidak adanya payung sebelum hujan, atau senjata sebelum berperang, kita akan
kalah dengan orang lain yang terlebih dahulu mendahului kita untuk dapat
menjadi yang lebih maju dan berkompeten daripada kita.
Pendidikan membutuhkan waktu. Waktu
dimana seseorang tersebut belajar dan paham mengenai akan sesuatu hal untuk
menjadikan seseorang tersebut menjadi orang yang lebih berguna untuk dirinya
sendiri maupun orang lain. Di dunia pendidikan itu sendiri, pendidikan itu
terjadi jika adanya yang mengajar maupun yang diajar atau yang mau belajar
untuk dapat berpengetahuan. Proses pembelajaran itu terjadi jika tidak adanya
saling keterpaksaan satu sama lain antara pendidik dan yang dididik untuk
belajar. Proses pembelajaran itu terjadi juga, jika diantara keduanya memiliki
masing-masing tanggung jawab dari peran yang diembanya. Intinya dari diri
mereka sendiri lah yang harus menganggap bahwa pentingnya pendidikan itu bagi
mereka. Di bab selanjutnya akan dibahas mengenai perkembangan pendidikan
dipandang dari sudut pandang seorang guru sebagai tenaga pendidik bagi setiap
siswanya. Seorang guru ini adalah tante saya sendiri. jadi dapat mempermudah
berkomunikasi untuk menyampaikan maksud dan tujuan saya dalam mewawancara tante
saya. Selanjutnya akan dibahas mengenai hasil dari wawancara saya dengan tante
saya.
Bab
II
HASIL
WAWANCARA
2.1 Identitas Guru
·
Nama : P (
inisial)
·
Umur : 36 Tahun
·
Pengalaman mengajar : 10 Tahun
·
Guru pelajaran : Fisika
2.2
Keterangan Wawancara
·
Tempat : Kediaman Tante saya
·
Tanggal : Minggu, 6 April 2014
·
Waktu : 19.00 wib
2.3.
Hasil wawancara
Bagaimana pandangan tante tentang pendidikan ?
Pendidikan adalah bagaimana seseorang berproses pada pengetahuan yang
dimilikinya dan dapat mengaplikasikannya
pada kehidupan nyata.
Menurut tante, sejauh mana pendidikan itu memiliki arti dan makna
bagi semua orang terlebih diri tante sendiri?
Menurut tante sendiri, pendidikan itu membuka wawasan yang luas bagi
semua orang. Semakin kita belajar semakin terasah pengetahuan dan pola pikir
kita untuk menghadapi tantangan zaman.
Jadi, menurut tante, bagaimana pendidikan yang baik itu?
Pendidikan yang baik itu seperti jika peserta didik mampu memahami
metode pembelajaran yang diberikan pengajar kepada mereka.
Seperti yang kita ketahui, banyak sekali masyarakat di Indonesia,
khususnya anak-anak dikalangan menengah ke bawah belum mendapatkan pendidikan
secara merata akibat tidak mampunya membayar SPP. Bagaimana tante menyikapi hal
tersebut?
Miris, walaupun begitu harus dibangunlah kerja sama antara pemerintah
dan masyarakat seperti mengangkat orang tua asuh dikalangan menengah keatas
yang bersedia secara sukarela dalam pemberian dana bantuan pendidikan untuk
anak-anak yang kurang mampu seperti yang dilakukan oleh beberapa orang
dinegara-negara maju yang bersedia membiayai beberapa murid-murid yang
berprestasi tapi kurang mampu di Indonesia terlebih salah satu sekolah swasta
di dekat rumah tante ini.
Lalu, bagaimana pendapat tante mengenai pendidikan yang ada di
Indonesia saat ini?
Masih banyak yang harus diperbaiki seperti salah satunya adalah tentang
kurikulum yang harus disesuaikan dengan minat dan bakat peserta didik atau
adanya kekurangan pemerataan terhadap pendidikan seperti di pelosok-pelosok
daerah yang mungkin belom adanya pendidikan setiap penduduknya.
Hal apa yang dapat tante lakukan untuk dapat membantu permasalahan
pendidikan yang ada di Indonesia saat ini?
Sederhana saja yaitu yang dapat tante lakukan adalah menyediakan waktu
tante untuk dapat mengajari anak-anak dilingkungan sekitar tante dengan
mengajari materi pembelajaran yang anak-anak didik suka dan minati
Hal apa yang membuat tante termotivasi menjadi seorang guru?
Karena tante suka dekat terhadap anak-anak, melihat setiap perkembangan
perilaku anak-anak yang tante dekati dan belajar dengan anak-anak. Akhirnya
timbullah perasaan sesuatu pada diri tante bahwa seru juga dalam mengajar.
Penuh dengan tantangan.
Strategi apa yang tante gunakan dalam mengajar?
Sistem PDKT, yaitu mendekatkan diri kepada anak didik dan mendengarkan
segala pendapat mereka tentang keinginan mereka masing-masing. Intinya
melakukan sharing satu sama lain
seperti layaknya sharing sebagai
teman
Apa yang menjadi pedoman dasar tante dalam mengajar?
Kedisiplinan dan tanggung jawab
Bagaimana pandangan tante terhadap peserta didik tante? Misalnya,
ada peserta didik yang sangat bandel dan tidak mau mengerjakan tugas yang
diberikan guru terhadapnya. Bagaimana anda menyikapi hal tersebut? Apa yang
akan anda lakukan untuk dapat menangani masalah tersebut?
Menegur dengan baik dan sabar, jika memang tidak bisa dibilangi, baru
diberi punishment
Jadi menuru tante bagaimana sebenarnya kriteria seorang guru yang
baik itu?
Memiliki tingkat kedisiplinan dan tanggung jawab yang tinggi, mengetahui
setiap perbedaan kekurangan maupun kelebihan setiap peserta didiknya dan dapat
sekaligus menjadi teman bagi si peserta didik. Karena dengan menjadikan teman,
tidak ada bentangan antara peserta didik dan pendidiknya sehingga dikatakan
teman karena dapat dipercaya.
Bab III
Pembahasan
Mengajar merupakan
suatu hal yang harus ditekuni secara sukarela oleh tenaga pendidk untuk dapat
mengajarkan pendidikan kepada anak didiknya. Mengajar tidak hanya sekedar
selesai mengajar langsung pulang ke rumah, melainkan mengajar adalah bagaimana
pendidik mengerti dan memahami tujuannya sebenarnya dalam mengajar itu adalah
“apa” seperti contoh menanamkan pengetahuan kepada peserta didiknya dan
mengaplikasikannya dalam kehidupan nyata seperti dapat meraih cita-cita yang
cemerlang dan mengetahui keinginan setiap peserta didiknya. Mengajar juga tidak
hanya sekedar mengajar antara peserta didik dan pendidik melainkan adanya
ikatan pertemanan yang dapat menjadikan hal tersebut menjadi suatu kekuatan
yang besar dalam mencapai tujuan masing-masing dalam proses pembelajaran
tersebut
Bab IV
Kesimpulan
Berdasarkan hasil wawancara yang didapat, maka dapat disimpulkan yaitu :
Menurut guru, pendidikan itu sangat penting karena dapat menambah
wawasan yang luas dalam cara berpikir seseorang ataupun peserta didiknya
sehingga dengan pemikiran yang luas tersebut mereka dapat meraih cita-cita yang
mereka inginkan. Lalu untuk dapat meraih cita-cita tersebut, harus adanya yang
memotivasi mereka dan harus juga memiliki pedoman dasar seperti kedisiplinan
dan tanggung jawab. Dan supaya peserta didik tidak merasa bosan dengan metode
pembelajaran yang diajarkan seperti misalnya pengajaran monoton yaitu metode
ceramah. Harus dilakukanlah pembaharuan dalam metode pengajaran tersebut yaitu
membuat semenarik mungkin seperti misalnya peserta didik yang dapat menjawab
pertanyaan pengajarnya akan diberikan reward.
Bab V
Saran
Saran saya adalah untuk dapat meraih
segala cita-cita peserta didik, peserta didik harus lebih bersemangat lagi
dalam belajar dan tidak mudah putus asa, harus terus mencari, mencari, dan
mencari lagi pengetahuan yang luas tersebut hingga tidak ada kata menyerah pada
diri individu tersebut (intinya tidak merasa puas dengan pengetahuan yang
dimiliki). Dan harus mengubah cara pola
pikir yang lebih baik lagi dari waktu ke waktu supaya dapat menjadikan individu
tersebut menjadi manusia yang berkualitas akan pengetahuan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar