Senin, 25 April 2011


APA ITU BIMBINGAN SEKOLAH ?

Bimbingan sekolah adalah pelayanan bantuan untuk peserta didik,baik secara perorangan maupun kelompok agar mampu mandiri dan berkembang secara optimal dalam bidang pengembangan kehidupan pribadi,kehidupan sosial,kemampuan belajar,dan perencanaan karir melalui jenis layanan dan kegiatan pendukung,berdasarkan norma-norma yang berlaku.
Visi bimbingan sekolah adalah terwujudnya kehidupan kemanusiaan yang membahagiakan melalui tersedianya pelayanan bantuan dalam pemberian dukungan perkembangan dan pengentasan masalah agar peserta didik berkembang secara optimal,mandiri,dan bahagia.
Misi bimbingan sekolah adalah memfasilitasi perkembangan peserta didik melalui pembentukan perilaku efektif-normatif dalam kehidupan keseharian dan masa depan.
Misi pengembangan yaitu memfasilitasi pengembangan potensi dan kompetensi peserta didik di dalam lingkungan sekolah,keluarga,dan masyarakat.
Misi pengentasan masalah yaitu memfasilitasi pengentasan masalah peserta didik mengacu pada kehidupan efektif sehari-hari.
Di tambah tujuan bimbingan sekolah yaitu membantu peserta didik mencapai tugas-tugas perkembangan secara optimal sebagai makhluk tuhan,sosial,dan pribadi,membantu individu dalam mencapai kebahagiaan,mencapai kehidupan yang produktif dalam masyarakat,hidup bersama-sama dengan individu lain,harmoni antara cita-cita mereka dengan kemampuan yang dimilikinya,mengatasi kesulitan dalam memahami dirinya sendiri,mengatasi kesulitan dalam memahami lingkungannya seperti sekolah,keluarga,masyarakat,sosial ekonomi,dan kebudayaan,mengatasi kesulitan dalam mengidentifikasikan dan memecahkan masalahnya,,mengatasi kesulitan dalam menyalurkan kemampuan,minat,bakatnya dalam bidang pendidikan dan pekerjaan,memperoleh bantuan secara tepat dari pihak-pihak di luar sekolah untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang tidak dapat dipecahkan di sekolah tersebut.
Bimbingan bertujuan untuk membantu peserta didik agar memiliki kompetensi mengembangkan potensi dirinya seoptimal mungkin atau mewujudkan nilai-nilai yang terkandung dalam tugas-tugas perkembangan yang harus dikuasainya sebaik mungkin.Pengembangan potensi meliputi 3 tahapan,yaitu : pemahaman dan kesadaran (awareness),sikap dan penerimaan (accommodation),dan ketrampilan atau tindakan (action) melaksanakan tugas-tugas perkembangan.


Sumber : www.scrid.com
               www.episentrum.com



Sekian dan Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar