Selasa, 08 Februari 2011

PERKEMBANGAN KOGNITIF dan BAHASA

Mengapa mempelajari perkembangan itu penting?
Masa kanak-kanak adalah fase yang penting dalam kehidupan manusia.Kita memandang masa kanak-kanak sebagai masa yang unik dan penuh warna dan merupakan landasan penting untuk masa dewasa nanti.Setiap anak sebagian berkembang sebagai mana anak-anak lainnya,dan sebagian berkembang dengan cara yang berbeda dengan anak lain.Jadi perkembangan itu mempengaruhi pertumbuhan anak-anak sehingga perkembangan adalah pola perubahan biologis,kognitif,dan sosioemosional yang dimulai sejak lahir dan terus berlanjut di sepanjang hayat..Kebanyakan perkembangan adalah pertumbuhan,meskipun pada akhirnya ia mengalami penurunan(kematian).
Pendidikan harus sesuai dengan perkembangan ini.artinya,pengajaran untuk anak-anak harus dilakukan pada tingkat yang tidak terlalu sulit dan terlalu menegangkan atau terlalu mudah dan menjemukan.
PROSES dan PERIODE
Pola perkembangan anak adalah pola yang kompleks karena merupakan hasil dari beberapa proses yaitu proses biologis,kognitif,dan sosioemosional
1.      Proses biologis adalah perubahan dalam tubuh anak yang melandasi perkembangan otak,berat dan tinggi badan,perubahan dalam kemampuan bergerak,dan perubahan hormonal di masa puber.

2.      Proses Kognitif adalah perubahan dalam pemikiran,kecerdasan,dan bahasa anak.

3.      Proses Sosioemosional adalah perubahan dalam hubungan anak dengan orang lain,perubahan dalam emosi,dan perubahan kepribadian.


PERIODE PERKEMBANGAN

Tahap-tahap nya meliputi

1.      Infancy adalah periode dari kelahiran sampai usia dua puluh empat bulan.Pada masa ini anak sangat tergantung kepada orangtuanya.

2.      Early Childhood(usia prasekolah) adalah periode dari akhir masa bayi sampai umur lima atau enam bulan.Selama periode anak semakin mandiri,siap untuk bersekolah,dan banyak menghabiskan waktu bersama teman.

3.      Middle dan Late Childhood(masa sekolah dasar) dimulai dari usia enam sampai sebelas tahun.Anak mulai menguasai keahkian membaca,menulis,dan menghitung.Dalam periode ini,mereka berinteraksi dengan dunia sosial yang lebih luas di luar keluarganya.

4.      Adolescence(remaja) adalah transisi dari masa anak-anak ke usia dewasa.Periode ini dimulai sekitar usia sepuluh atau dua belas tahun sampai ke usia delapan belas atau dua puluh tahun.Perubahan fisik yang cepat termasuk perkembangan berat dan tinggi badan,dan perubahan fungsi seksual.

5.      Early Adulthood dimulai diakhir usia remaja atau awal usia 20-an sampai ke usia 30-an.Ini adalah masa ketika kerja dan cinta menjadi tema utama dalam kehidupan mereka.

PERKEMBANGAN KOGNITIF
OTAK
Terdiri dari :
1.      Daerah dan Sel Otak ;otak dan system saraf
2.      Lateralisasi(Lateralization) adalah spesialisasi fungsi dalam satu bagian otak atau satu bagian lainnya;terdiri dari pemrosesan verbal dan pemrosesan nonverbal.
3.      Otak dan Pendidikan Anak


TEORI PIAGET
Terdiri dari :
1.      Skema : Sebuah konsep atau kerangka yang eksis di dalam pikiran seseorang yang dipakai untuk mengorganisasikan dan menginterpretasikan informasi.

2.      Asimilasi : Suatu proses mental yang terjadi ketika seorang anak memasukkan pengetahuan baru ke dalam pengetahuan yang sudah ada.

3.      Akomodasi : Suatu proses mental yang terjadi ketika anak menyesuaikan diri dengan informasi baru.

4.      Organisasi : Konsep piaget tentang pengelompokan perilaku yang terpisah ke dalam sistem kognitif yang lebih tertib dan lancar;pengelompokan atau penataan perilaku kedalam kategori-kategori.

5.      Ekuilibrasi : Suatu mekanisme yang dikemukakan piaget untuk menjelaskan bagaimana anak bergerak dari satu tahap pemikiran ke tahap selanjutnya.


Ada  4 tahap Perkembangan Kognitif menurut PIAGET yaitu :
1.      Sensorimotor : Tahap pertama mulai dari kelahiran sampai sekitar usia dua tahun,dimana bayi membangun memahaman tentang dunia dengan mengoordinasikan pengalaman indra dengan gerakan motor.

2.      Pra Operasional : Tahap kedua mulai dari sekitar usia dua tahun sampai tujuh tahun;pemikiran simbolis meningkat tetapi pemikiran operasional belum ada.

3.      Operasional Konkret : Tahap ketiga mulai dari sekitar usia 7 sampai 11 tahun,anak kini bisa bernalar secara logis tentang kejadian konkret dan mampu mengklasifikasikan objek ke dalam kelompok yang berbeda-beda.

4.      Operasional Formal : Tahap keempat mulai dari usia 11 tahun sampai dewasa,remaja berpikir secara lebih abstrak,idealistis,dan logis.



TEORI VYGOTSKY

Asumsi Vygotsky.Ada 3 klaim dalam inti pandangan vygotsky yaitu :
  
1.      Keahlian kognitif anak dapat dipahami apabila dianalisis dan diinterpretasikan secara developmental.

2.      Kemampuan kognitif dimediasi dengan kata,bahasa,dan bentuk diskursus,yang berfungsi sebagai alat psikologis untuk membantu dan mentransformasikan aktifitas mental.

3.      Kemampuan kognitif berasal dari relasi sosial dan dipengaruhi oleh latar belakang sosiokultural.

PERKEMBANGAN BAHASA
Apa itu Bahasa?
BAHASA adalah bentuk komunikasi,entah itu lisan,tertulis atau tanda,yang didasarkan pada sistem symbol.Penciptaan tidak terbatas adalah kemampuan untuk memproduksi sejumlah kalimat tak terbatas yang bermakna dengan menggunakan seperangkat kata dan aturan.
Fonologi adalah sistwm suara bahasa.
Morfologi adalah aturan untuk mengombinasikan morfem,yang merupakan rangkaian suara yang merupakan kesatuan bahasa terkecil.
Sintaksis adalah cara kata dikombinasikan untuk membentuk frasa dan kalimat yang bisa diterima.
Semantik adalah makna dari kata atau kalimat.
Pragmatis adalah penggunaan percakapan yang tepat

Pengaruh Biologis dan Lingkungan
       Ahli bahasa terkenal Noam Chomsky mengatakan bahwa manusia cenderung mempelajari bahasa pada waktu tertentu dan dengan cara tertentu.Bukti paling kuat untuk basis biologis dari bahasa adalah anak-anak diseluruh dunia mencapai titik penting dalam berbahasa pada saat yang hampir bersamaan dalam perkembangan mereka,dan dengan urutan yang hampir sama,meskipun ada banyak variasi dalam input bahasa yang mereka terima.Misalnya,di beberapa kultur,orang dewasa tak pernah bicara dengan bayi dibawah satu tahun,tetapi bayi ini tetap menerima masukan bahasa.

PERIODE UMUR PERKEMBANGAN /PERILAKU ANAK
1.      0-6 bulan  : sekedar bersuara,membedakan hurup hidup,berceloteh pada akhir periode

2.      6-12 bulan : celoteh bertambah dengan mencakup suaara dari bahasa ucap,isyarat digunakan untuk mengomunikasikan suatu objek.

3.      12-18 bulan : Kata pertama diucapkan,rata-rata memahami 50 kosakata lebih

4.      18-24 bulan : Kosakata bertambah sampai rata-rata 200 buah,kombinasi 2 kata

5.      2 tahun : Kosakata bertambah cepat,penggunaan bentuk jamak secara tepat,penggunaan kata lampau(past tense),penggunaan beberapa preposisi atau awalan.

6.      3-4 tahun : Rata-rata panjang ucapan naik dari 3 sampai 4 morfem per kalimat,menggunakan pertanyaan “ya” dan “tidak” dan pertanyaan “mengapa,dimana,siapa,kapan”,menggunakan bentuk negative dan perintah,pemahaman pragmatis bertambah.

7.      5-6 tahun : Kosakata mencapai rata-rata 10.000 kata,koordinasi kalimat sederhana.

8.      6-8 tahun : Kosakata terus bertambah cepat,lebih ahli menggunakan aturan sintaksis,keahlian bercakap meningkat.

9.      9-11 tahun : Definisi kata mencakup sinonim,strategi berbicara terus bertambah.

10.  11-14 tahun : Kosakata bertambah dengan kata-kata abstrak,pemahaman bentuk tata bahasa kompleks,pemahaman fungsi kata dalam kalimat,memahami metafora dan satire.

11.  15-20 tahun : Dapat memahami karya sastra dewasa.





Yah,mungkin sampai disini pengetahuan saya tentang perkembangan kognitif dan bahasa tersebut……


Sekian dan Terima Kasih……………………………………..



SUMBER : Buku Psikologi Pendidikan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar